20 October 2019 00:00:00 AM Breaking News

Diklat Pengelola Rakom Komisi Media PWNU DIY

Komisi Media Pengurus Wilayah Nahdlatul ‘Ulama (PWNU) DIY mengadakan diklat untuk para pengelola radio komunitas (Rakom), Sabtu (28/4). Kegiatan yang digelar di Aula PCNU Bantul ini menghadirkan pembicara Hendro Pleret (pimpinan Rakom Swadesi).

Ketua Komisi Media PWNU DIY, Ahmad Lutfi menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi bekal bagi para pengelola rakom, khususnya dari kalangan Nahdliyin. Diharapkan, rakom yang mereka kelola semakin berkembang, maju, dan banyak pendengarnya.

Peserta diklat antara lain pengelola rakom Kartika Buana FM PCNU Bantul, Kalimasodo FM Krapyak, Gunungjati FM Tompeyan Yogyakarta, Pendopo Nusantara PP Darul Quran Wonosari, RAM FM PP Al-Mumtaz Pathuk Gunungkidul, dan pengelola Marisa FM SMK Maarif Wates.

Pada kesempatan ini Hendro Pleret memaparkan perjalanan hidupnya hingga sukses mengelola rakom Swadesi. “Meski dari radio ndeso, saya sampai luar negeri. Antara lain Jepang,” katanya yang radionya bernuansa ‘NU banget’.

Hendro Pleret yang mengaku sampai berdarah-darah membangun radio Swadesi juga memaparkan kunci sukses mengelola radio. Baik menyangkut piranti keras dan lunak maupun SDMnya. Terkait SDM antara lain harus kreatif, penuh inovasi dan mencari ciri khas yang berbeda dengan radio lain.

Para peserta diklat juga dibagikan piranti software senior yang sangat penting untuk mengatur isian siaran. Sedang bagi yang masih kurang dipersilakan datang di studio Swadesi Demangan Jambidan Banguntapan.